Kecamatan Magersari Meriahkan HUT RI Ke-71

Posted by Admin on

        Sebagai salah satu wujud mengenang dan menghormati liku-liku perjuangan para pejuang syuhada' yang telah mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia 71 tahun silam dengan segala pengorbanan yang tak ternilai harganya, pengorbanan waktu, tenaga, fikiran, harta bahkan nyawa sekalipun, berjuang tanpa kenal lelah hingga titik darah penghabisan. Sebagai generasi penerus tentu wajib ikut serta menghargai jasa para pendahulu kita, dengan berbagai aneka ragam kegiatan untuk memperingati dan memeriahkannya.

        Apapun bentuk sumbangsih kita terhadap pembangunan bangsa dan negara ini tidak akan mampu dan sepadan jika harus dibandingkan dengan nilai sebuah warisan berupa Kemerdekaan yang saat ini kita nikmati bersama. Namun demikian partisipasi sekecil apapun wajib hukumnya bagi kita penerus bangsa mengenang dan memperingati beliau yang telah gugur di medan perang demi nasib anak cucu bangsa agar bisa hidup dalam suasana damai, tenteram, maju dan sejahtera, tandas Camat Magersari Choirul Anwar saat memberikan sambutan  memberangkatkan kegiatan jalan santai yang diadakan Jum'at (12/8) di Halaman Kantor Kecamatan Magersari Kota Mojokerto.



        Allohummaghfirlana , Dzunubana, Waliwalidaina, Walimasyayikhina, Wadzawilkhuquqi Wajibati'alaina, juga para pejuang syuhada' Kemerdekaan yang telah mendahului kita, Allohummaghfirlahum, Warchamhum, Wa'afihim, Wa'fuanhum...lanjut Choirul Anwar berdoa bersama sebelum mengangkat tongkat komando pemberangkatan jalan santai.

        Jalan santai tersebut diberangkatkan mulai pukul 06.30 WIB dengan rute Start Kantor Kecamatan Magersari Jalan Empunala - Jalan By Pass - Jalan Empu Gandring - Jalan Randu Gede - Balongrawe Gang Sawah - Jalan Empunala dan kembali ke finish di Kantor Kecamatan Magersari.




        Sampai di finish dilanjutkan kegiatan lomba tenis meja dan perlombaan hiburan lainnya yaitu kepruk air dalam kantong plastik sebagai ganti kepruk kendil atas inisiatif Sekcam Magersari Hekamarta Fanani untuk menghindari bahaya yang tidak diinginkan. Selain itu juga diadakan lomba hiburan makan krupuk gantung dan lomba joget bola dengan menempatkan bola plastik kecil diameter 10 cm ditaruh pada dahi peserta sambil berjoget, peserta lomba ini masing-masing terdiri dari 2 orang karena posisi bola ditaruh diantara dua dahi peserta dengan posisi terjepit sambil berjoget dan berjalan menyamping.



        Gelak tawa meriah semua peserta kegiatan mengiringi lomba hiburan ini, tak kalah riuhnya tepuk tangan dan tawa ria hadirin juga menyela ketika Lurah Kedundung Jusronsyah, Lurah Gedongan Mohammad Atim, Lurah Gunung Gedangan Saifuddin Zuhri, Sekretaris Kelurahan Balongsari Agus mendadak mengikuti lomba hiburan makan krupuk gantung pada sesi terakhir, maju bersama dengan posisi tangan dibelakang punggung, terutama ketika Lurah Jusron sesekali sambil sedikit memainkan tangan menarik tali rafia gantungan krupuk, sehingga krupuk bergerak terayun menyulitkannya bersama tiga pesaingnya dalam meraih makan krupuk, dan berakhir penuh tawa, riang gembira.



        Kegiatan jalan santai dan lomba ini diikuti semua Staf Kecamatan Magersari, Lurah dan Staf se- Wilayah Kecamatan Magersari, Penyuluh Pertanian Kecamatan, Koordinator dan Staf KB Kecamatan, Lembaga Keuangan KURK Kecamatan dan Forum Komunikasi Kelurahan Sehat (FKKS) Kecamatan Magersari dipimpin Ketuanya Mat Ali juga tak ketinggalan ikut menyemarakkan kegiatan tersebut, dengan jumlah peserta keseluruhan 105 orang.

        Panitia kegiatan yang diketuai Hekamarta Fanani dan Sekretaris Panitia Nanik Lestari Kasi Kesos Kecamatan Magersari ini telah menyediakan puluhan dorrprize dan hadiah hiburan berupa dispenser, blender, juser, kipas angin, jam dinding, handuk hungga jilbab cantik serta hadiah hiburan menarik lainnya.


       


Pelaksanaan lomba berakhir pukul 11.20 WIB dengan diperoleh pemenang juara I lomba tenis meja diraih Ninis dan Widi dari Kecamatan Magersari, sedangkan juara II Sulistiyowati dan Sukrino pasangan ganda campuran dari Kelurahan Wates. Juara I untuk lomba hiburan makan krupuk diraih Mustain dari Kelurahan Gedongan dan Juara II Suhartin dari Kecamatan Magersari. Lomba kepruk kendil / air sebagai pemenang Juara I Mawi dari penyuluh pertanian dan Hekamarta dari Kecamatan Magersari sebagai juara II. Pada kegiatan lomba joget bola, Pami Indayani dan Novi dari Penyuluh Pertanian peraih juara I sedangkan juara II diraih Masfufah dan Novia dari FKKS Kecamatan Magersari.

       

Di akhir acara Anwar menyampaikan terima kasih atas partisipasi semua pihak dalam ikut menggelorakan semangat Nasionalisme dan Patriotisme melalui kegiatan Peringatan HUT RI Ke 71 untuk menanamkan jiwa perjuangan dalam rangka mempertahankan NKRI harga mati. (ch.ar)