Pembinaan Lomba Kelurahan

Posted by Admin on

Sebagai upaya memberdayakan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan partisipasi masyarakat serta swadaya gotong-royong masyarakat di Kelurahan, SKPD Kecamatan Magersari mengadakan Perlombaan Kelurahan Berhasil tingkat Kecamatan. 

Agar mendapatkan hasil yang optimal, sebelum penilaian lomba didahului dengan pembinaan dari tim Kecamatan Magersari. Lilik Sukariyah , SH. Selaku Ketua tim pelaksana menyampaikan bahwa “Tim akan melaksanakan kerjanya dengan turun langsung ke kantor kelurahan – kelurahan mulai tanggal 7 s/d 14 April 2016. dan selanjutnya diberikan waktu sekitar 1 (satu) minggu untuk Kelurahan mempersiapkan segala sesuatunya guna penilaan yang akan dilaksanakan oleh Tim Juri”.

Pada saat pembinaan hari pertama di Kelurahan Meri, yang dihadiri langsung Camat Magersari Choirul Anwar, SH., M.Si. menyampaikan bahwa “ perlombaan Kelurahan berhasil pada intinya adalah sebagai salah satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri yang sekaligus mengevaluasi keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan Kelurahan dengan melihat perkembangan Pembangunan Kelurahan selama 2 (dua) tahun terakhir.”. Lebih lanjut dikatakan, “ Lomba Kelurahan Berhasil ini sesuai dengan yang diamanatkan olehPermendagri nomor 13 tahun 2007 tentang Penyelenggaraan perlombaan kelurahan/ desa dan  Permendagri nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan bahwa lomba kelurahanharus tetap dilaksanakan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan.”

Pembinaan dilakukan dilakukan kepada para perangkat kelurahan yang membidangi maupun ketua LPM, Karang Taruna, PKK dan perwakilan RT/RW dengan cara memberikan penjelasan mengenai kriteria yang akan dinilai dalam lomba yakni 8 bidang indikator antara lain adalah bidang Pemerintahan, Kesehatan, ekonomi, pendidikan, keamanan, sumber daya masyarakat. 

Pada kesempatan itu pula diserahkan banner yang berisi jadwal pelayanan sesuai dengan jam kerja pemerintah kota Mojokerto dan motto pelayanan sebagai wujud upaya untuk meningkatkan pelayanan prima ditingkat kelurahan. (wd)