Kec. Magersari Gelar Lomba RW Berseri, Siap wujudkan “KASIH SETIA”

Posted by Admin on

Kegiatan Lomba RW Berseri adalah salah satu program Pemerintah di bidang Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya kesadaran masyarakat dan menambah pengetahuan serta wawasan masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup sehingga dapat terwujud lingkungan yang bersih, sehat, rapi dan indah. Disamping itu, penyelenggaraan kegiatan ini juga bersinergi dengan program pemerintah kota Mojokerto untuk mewujudkan program KASIH SETIA (Kampung, bersih, sehat, teduh, indah dan aman.


Kegiatan Lomba RW Berseri Kecamatan Magersari Tahun 2017, diawali dengan menggelar acara sosialisasi. Sosialisasi penilaian lomba Berseri diadakan pada hari Rabu (15/3) bertempat di Gedung pertemuan Kecamatan Magersari.  Acara dibuka oleh Camat Magersari dengan menghadirkan narasumber Edi Sutopo dari Badan Lingkungan Hidup. Peserta sosialisasi sebanyak 30 orang yang terdiri 2 orang Ketua RW beserta 2 orang kader Berseri perwakilan dari masing – masing Kelurahan dan 1 orang Kasi Perekonomian, Fisik dan Sarpras Kelurahan.


Dalam laporannya, Amanullah Widi, SH. selaku Ketua panitia lomba menyampaikan bahwa dalam rangka menggelar Lomba RW Berseri tahun 2017 ini, panitia memiliki 3 agenda yaitu yang pertama sosialisasi pesiapan penilaian lomba berseri, kedua Orientasi Lapangan dengan mengajak para ketua RW dan kader Berseri RW peserta lomba untuk berkunjung ke RW 9 Perumahan Mutiara Citra Graha (MCG) Kelurahan Larangan Kabupaten Sidoarjo dan ketiga penilaian lapangan yang dilakukan oleh Tim Juri dengan meninjau langsung ke lingkungan RW yang menjadi peserta lomba. Lebih lanjut disampaikan bahwa dengan adanya sosialisasi diharapkan peserta dapat lebih mengerti dan paham mengenai kriteria yang akan dinilai sehingga bisa berbenah memperbaiki lingkungannya untuk lebih siap dalam mengikuti perlombaan. Sebagai penghargaan pada perlombaan ini, Juara I akan mendapat trophy dan uang pembinaan sebesar 6 Juta rupiah, Juara II mendapatkan trophy dan uang pembinaan sebesar 4,5 juta rupiah, Juara III mendapatkan trophy dan uang pembinaan sebesar 3,5 juta rupiah dan Juara harapan I  mendapatkan trophy dan uang pembinaan sebesar 2 juta rupiah.


 

Pada saat pembukaan Choirul Anwar, SH.,MSi., Camat Magersari mengatakan, “ Kami atas nama Pemerintah Kota mengucapkan terima kasih kepada Ketua RW dan Kader Berseri telah bersedia untuk hadir pada kesempatan pagi hari ini, dan ini merupakan bukti bahwa saudara-saudara telah mendukung program bapak Walikota dalam pelestarian lingkungan hidup”. Lebih lanjut disampaikan bahwa perlombaan ini bukan merupakan tujuan akhir dari pencapaian program RW Berseri, namun hal ini adalah kegiatan perantara sebagai pemacu/motivasi bagi masyarakat untuk lebih perhatian dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup khususnya di lingkungan tempat tinggalnya. Dalam kesempatan ini pula beliau berharap, “ Mari kita semua wajib mewujudkan paradigma bersih dan sehat dalam kehidupan perorangan, keluarga, masyarakat melalui budaya dan perilaku hidup bersih dan sehat. Dan tentunya untuk mencapai itu semua  perlu adanya kegiatan yang kontinyu, istiqomah dan berkelanjutan terus menerus”.  


Dalam pemaparannya, Edi Sutopo selaku narasumber menjelaskan bahwa perlombaan ini adalah bagian dari pembinaan sehingga secara transparan dijelaskan tentang kriteria yang akan dinilai oleh tim juri nantinya. Tujuannya agar peserta mengetahui dan memahami apa saja poin-poin yang dinilai sehingga dapat memiliki perencanaan perbaikan dan target yang harus ditempuh untuk mendapatkan nilai yang setinggi-tingginya.


Diakhir acara, dilakukan sesi tanya jawab yang ternyata juga mendapatkan perhatian yang antusias dari peserta.(wd)