HALAL BI HALAL KELUARGA BESAR KECAMATAN MAGERSARI

Posted by Admin on

Keluarga Besar Kecamatan Magersari mengadakan Halal bi Halal, Rabu (04/6) di Ruang Pertenuan Kecamatan Magersari Kota Mojokerto.


Halalbihalal, menurut M Qurasih dalam bukunya yang bejudul “Membumikan Alqur’an” mempunyai 3 (tiga) makna:
1.    Pertama dari tinjauan kebahasaan. Kata halalbihalal berasal dari kata halla atau halal yang bisa berarti menyelesaikan persoalan atau problem, meluruskan benang kusut, mencairkan air yang keruh, dan melepaskan ikatan yang membelenggu.Dengan kala lain, halalbihalal diharapkan hubungan yang selama ini keruh dan kusut dapat segera diurai dan dijernihkan. Halalbihalal bermakna untuk merekontruksi relasi kemanusiaan yang lebih sejuk dan menentramkan.


2.    Kedua, tinjauan hukum. Kata halal digunakan sebagai lawan dari kata haram dan makruh. Dengan pengertian ini maka halal bi halal mengandung arti  kekinian setiap orang yang berhalal bi halal untuk membebaskan diri dari perbuatan yang haram dan makruh, atau membebaskan diri dari perbuatan dosa.
3.    Ketiga, jika dilihat dari Al- Qur an pengertian dan maknanya dapat kita jumpai dalam beberapa ayat dalam Al-Qur an di antaranya dalam (QS. 2: 168, QS. 8: 69, QS. 5: 88, QS. 16: 114), kata halal bi halal selalu dirangkaikan dengan kata thayyib (halalan thayyiba) yang berarti yang halal lagi menyenangkan.


Dalam kesempatan yang baik tersebut, Camat Magersari mengajak kepada semua yang hadir untukmemaknaisecara Qur’an halal bi halal adalah membangun komitmen bersama untuk selalu melakukan yang bermafaat serta menyenangkan semua pihak. Untuk itu diminta kepada aparatur kelurahan dan kecamatan serta hadirin yang hadir meningkatkan kedislipinannya. Bermodal kedislipinan yang tinggi kita dapat memberikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat serta dapat mensinergiskan tugas dan fungsi masing-masing agar berdaya guna dan berhasil guna.


Hadir pula pada Halalbihalal, Forkompincam (Kapolsek Danramil), Lurah, Kepala KUA, Kepala Puskesmas Se Kecamatan Magersari, PKK, Dharma Wanita, dan Staf Kecamatan dan Kelurahan se Kecamatan Magersari.


Adapun penceramah disampaiakan oleh KH Dr Wahib Wahab dari Kota Mojokerto, dengan tema Ciri-ciri Orang yang bertaqwa.