GEBYAR KAMPANYE IMUNISASI CAMPAK RUBELLA

Posted by Admin on

GEBYAR KAMPANYE IMUNISASI CAMPAK RUBELLA (MR)
Oleh bambang mujiono

Walikota Mojokerto, Drs. Mas’ud Yunus melepas balon sebagai tanda dimulainya pelaksanaan imunisasi Campak dan Rubella di Wilayah Kota Mojokerto. Kegiatanyang dipusatkan di SDIT Permata Meri,sebagai tanda dimulainya  secara serentak pelaksanaan imunisasi MR mulai tanggal, 1 Agustus – Sebtember 2017. Target yang dibebankan oleh Pemerintah Propinsi Jawa Timur sebesar 95%. Namun dalam sambutannya Mas;ud Yunus, menargetkan capaian penaksanaan imunisasi MR di Kota Mojokerto sebesar 100% dari 40.600 anak.


Sasaran utama imunisasai massal Campak (Measles) dan Rubella yaitu diperuntukkan bagi anak-anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun secara gratis, diberikan bulan Agustus untuk siswa PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs dan sederajat di seluruh sekolah dan September diberikan di Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.


Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus Campak dan Rubella. Campak dan Rubella merupakan penyakit yang sangat menular. Anak-anak dan orang dewasa yang belum pernah diimunisasi Campak dan Rubella, atau yang belum pernah mengalami penyakit Campak dan Rubella memiliki risiko tinggi tertular penyakit ini.


Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.


Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.