Semangat Untuk Menjadi Bersih dan Hijau, Beberapa Lingkungan Kecamatan Magersari Sabet Juara Lomba Kampung Green And Clean Tahun 2016

Posted by Admin on

Pemerintah kota Mojokerto pada tanggal 11 s/d 14 Juni 2016 mengadakan penilaian Lomba Bersih dan Hijau (Clean and Green) Kota Mojokerto antar Lingkungan se wilayah Kota Mojokerto. Lomba Green and Clean ini ditujukan untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih sehingga masyarakat dapat hidup sehat di tengah lingkungan yang sejuk dan asri.

Cukup membagakan pada Gelaran Lomba Kampung Green And Clean Kota Mojokerto tersebut, beberapa lingkungan RW di wilayah Kecamatan  Magersari terpilih menjadi pemenang.

Pada Kategori Madya,  RW 02 Lingkungan Kedundung Indah menyabet Juara I sehingga berhak mendapatkan Piala dan uang   pembinaan sebesar Rp. 15.000.000,-, Sedangkan  Juara II diraih oleh RW 04 Lingkungan Balongrawe Baru Kel.Kedundung yang mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 12.500.000,-
Untuk Kategori Pemula, RW 03 Lingkungan Perbar Kel Wates keluar sebagai Juara II yang mendapatkan Piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 6.500.000,-. Dan, untuk RW 04 Lingkungan Mulyosari Kel.Magersari meraih Juara III dengan memperoleh piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 5.000.000,-.

Kriteria penilaian dalam lomba kampung green and clean adalah penilaian fisik kampung yang meliputi prasarana pendukung lingkungan, drainase, dan penghijauan. Penilaian pengelolaan sampah yang meliputi reduksi sampah, dan system pengelolaan sampah melalui bank sampah termasuk pemanfaatan limbah rumah tangga untuk dijadikan kerajinan tangan yang bernilai jual. Penilaian swadaya masyarakat yang meliputi fasilitator, kader lingkungan, aktifitas masyarakat, dan PKK. Penilaian lainnya yang meliputi administrasi, kesehatan dan habit atau kebiasaan masyarakat. Melalui kriteria-kriteria tersebut pemerintah Kota Mojokerto memberdayakan masyarakat untuk mengelola lingkungannya, hal ini sekaligus secara strategis meningkatkan kuantitas dan kualitas RTH privat yang ada di Kota Mojokerto.

Mudah-mudahan hasil capaian ini dapat sebagai pemicu bagi lingkungan-lingkungan lainnya untuk berbenah dan mewujudkan lingkungannya menjadi bersih, sehat, rapi dan indah.(Im/wd)