Empat Kelurahan Kecamatan Magersari, pindah Ke Kecamatan Kranggan

Posted by Admin on

Seiring pesatnya pertumbuhan penduduk, Kota Mojokerto memecah wilayahnya dari dua kecamatan menjadi tiga kecamatan. Penambahan satu kecamatan baru ini diharapkan membuat pelayanan terhadap warga semakin efektif dan efisien.

Walikota Mojokerto Mas'ud Yunus mengatakan, pengajuan pembentukan kecamatan baru sebenarnya diajukan sejak 1994 silam. Namun, pengajuan itu baru disetujui oleh Kemendagri 18 April 2016 lalu melalui surat No 138/2058/BAK. Kecamatan baru tersebut adalah Kecamatan Kranggan.

Selama ini Kota Mojokerto hanya mempunyai dua kecamatan. Yakni, Kecamatan Magersari dan Prajurit Kulon dengan 18 kelurahan.
Dengan dibentuknya Kecamatan baru, maka empat kelurahan di Kecamatan Magersari masuk ke Kecamatan Kranggan. Empat kelurahan itu adalah Kelurahan Meri, Jagalan, Sentanan, dan Purwotengah.

Sementara Kelurahan Miji dan Kranggan yang sebelumnya masuk Kecamatan Prajurit Kulon menjadi bagian dari Kecamatan Kranggan. Pada tanggal 20 Juni 2016 bertepatan dengan Hari Jadi Kota Mojokerto ke 98, Walikota Mojokerto telah melantik Camat Kranggan dan seluruh perangkatnya. Dan, pada malam harinya saat resepsi Hari Jadi Kota di GOR dan Seni Mojopahit telah di launching Kecamatan Kranggan yang diresmikan oleh Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan dan Wakil Gubenur Jatim.

Kecamatan baru ini dipimpin oleh Rachmi Widjajanti yang sebelumnya menjabat Sekretaris Inspektorat Kota Mojokerto.
Dan, mulai tanggal 21 Juni 2016 pelayanan administrasi masyarakat di enam kelurahan tersebut dikonsentrasikan ke kantor Kecamatan Kranggan yang menempati gedung bekas Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, tepatnya di Jalan PB Sudirman No 40. (admin)